Dalam fokus pembahasan Persamaan Linear Dua Peubah, studi ini bermaksud untuk mengkaji perbedaan hasil belajar antara murid yang mengikuti pembelajaran dengan metode langsung (DI) dan murid yang mengikuti pembelajaran dengan metode berbasis masalah (PBL). Penelitian ini memakai metode semi-eksploratif dengan melibatkan siswa SMPN 7 Bitung, Sulawesi Utara, yang dibagi menjadi kelompok kontrol (kelas VIII-2) dan kelompok eksperimen (kelas VIII-1) dengan masing-masing 28 siswa. Kelompok kontrol diajarkan dengan model PBL, sedangkan kelompok eksperimen diajarkan dengan model DI. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (posttest) yang diberikan kepada siswa di kedua kelas. Kedua kelompok memiliki data yang tidak berdistribusi normal saat diuji normalitas data posttest. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa capaian belajar Kemampuan menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa yang belajar dengan metode Pembelajaran Berbasis Masalah secara menyeluruh lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan metode pembelajaran langsung.
Copyrights © 2024