Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan MARBIKA (media pembelajaran dengan etnomatematika) berbasis google sites yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pendidikan Indonesia saat ini telah memasuki era society 5.0 dimana pada era ini aktivitas masyarakat bergantung pada jaringan internet, tak terkecuali dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan MARBIKA ini diharapkan mampu memfasilitasi peserta didik dalam belajar matematika melalui media pembelajaran berbasis teknologi digital berupa google sites yang disertai pendekatan etnomatematika. Kebaruan dalam penelitian ini dari penelitian relevan sebelumnya adalah penelitian ini menekankan pada penerapan konsep-konsep etnomatematika yang ada di Kalimantan Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Sungai Kunjang Samarinda. Hasil penilaian uji validasi media oleh para ahli memperoleh kategori “sangat valid” dengan persentase skor validasi 93,3% dari ahli materi, 92% dari ahli media, dan 83,3% dari ahli bahasa. Hasil penilaian kepraktisan media pembelajaran memperoleh kategori “sangat praktis” dengan persentase skor kepraktisan dari uji coba kelompok kecil sebesar 87,3%, uji coba kelompok besar 95,3%, dan respon guru sebesar 96%. Adapun keefektifan media pembelajaran memperoleh persentase 70% dengan kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran MARBIKA yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024