Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Pengembangan MARBIKA (Media Pembelajaran dengan Etnomatematika) Berbasis Google Sites pada Materi Pola Gambar dan Pola Bilangan Kelas IV

Nadia Azizah Aprilia (Universitas Mulawarman)
Andi Asrafiani Arafah (Universitas Mulawarman)
Sukriadi Sukriadi (Universitas Mulawarman)
Rosita Putri Rahmi (Universitas Mulawarman)
Iksam Iksam (Universitas Mulawarman)
Tri Wahyuningsih (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan MARBIKA (media pembelajaran dengan etnomatematika) berbasis google sites yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pendidikan Indonesia saat ini telah memasuki era society 5.0 dimana pada era ini aktivitas masyarakat bergantung pada jaringan internet, tak terkecuali dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan MARBIKA ini diharapkan mampu memfasilitasi peserta didik dalam belajar matematika melalui media pembelajaran berbasis teknologi digital berupa google sites yang disertai pendekatan etnomatematika. Kebaruan dalam penelitian ini dari penelitian relevan sebelumnya adalah penelitian ini menekankan pada penerapan konsep-konsep etnomatematika yang ada di Kalimantan Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 007 Sungai Kunjang Samarinda. Hasil penilaian uji validasi media oleh para ahli memperoleh kategori “sangat valid” dengan persentase skor validasi 93,3% dari ahli materi, 92% dari ahli media, dan 83,3% dari ahli bahasa. Hasil penilaian kepraktisan media pembelajaran memperoleh kategori “sangat praktis” dengan persentase skor kepraktisan dari uji coba kelompok kecil sebesar 87,3%, uji coba kelompok besar 95,3%, dan respon guru sebesar 96%. Adapun keefektifan media pembelajaran memperoleh persentase 70% dengan kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran MARBIKA yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...