Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Pengembangan LKPD Eksploratif Berbasis Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP

Ni Kadek Natia Mahadewi (mahasiswa)
Gede Suweken (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Ardana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan kurang optimalnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP, khususnya pada materi sifat-sifat dan kekongruenan segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD eksploratif berbasis Scratch yang valid, praktis, dan efektif. Menggunakan prosedur penelitian desain Plomp yang meliputi tiga tahap: Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment, penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Tabanan dengan sampel 20 siswa kelas VIII E untuk uji coba terbatas, 40 siswa kelas VIII C untuk uji coba lapangan I, dan 40 siswa kelas VIII D untuk uji coba lapangan II. LKPD eksploratif berbasis Scratch dikembangkan dengan karakteristik mempermudah siswa dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, serta memfasilitasi kegiatan eksplorasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi dengan rata-rata skor 2,89, kepraktisan dengan rata-rata penilaian siswa mencapai 83%, dan efektivitas yang terlihat dari peningkatan rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 86,65 pada uji coba lapangan pertama menjadi 87,31 pada uji coba lapangan kedua. Kesimpulannya, LKPD eksploratif berbasis Scratch terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...