Journal on Education
Vol 6 No 4 (2024): Journal on Education: Volume 6 Nomor 4 Mei-Agustus 2024

Validation Of Electronic Module Based on Bounded Inquiry Laboratory on Excretion System

Cici Nurfitasari (Universitas Riau)
Fitra Suzanti (Universitas Riau)
Azhar Azhar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dari e-modul berbasis model pembelajaran bounded inquiry laboratory pada sistem ekskresi manusia di SMP. E-modul yang dikembangkan dapat melatih siswa untuk menyelesaikan permasalahan secara mandiri melalui kemampuan menyelidiki secara ilmiah, dengan adanya kegiatan praktikum di laboratorium yang diawali dengan kegiatan pra-lab, sehingga e-modul dapat mengarahkan siswa untuk menemukan dan memahami konsep. Kelayakan dari e-modul didasarkan atas penilaian terhadap e-modul melalui uji validasi ahli materi, ahli pedagogi dan ahli media. Aspek penilaian dari e-modul terdiri dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa, aspek pedagogi, aspek kegrafisan dan aspek pemahaman konsep. Hasil penelitian yang didapatkan adalah validasi ahli materi berada pada kategori sangat valid dengan persentase 96,6%, hasil validasi ahli pedagogi berada pada kategori sangat valid dengan persentase 91,2% dan validasi ahli media berada pada kategori sangat valid dengan persentase 83,1%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...