Penelitian ini dilaksanakan karena masih ditemukannya masalah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD N 2 Karangjengkol, yaitu guru membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menyesuaikan diri dengan kurikulum yang baru dan guru masih kebingungan dengan penyusunan modul terbuka. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peran sekolah dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di SD N 2 Karangjengkol Kecamatan Kutasari, kesulitan yang dialami dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka, dan solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini antara lain kepala sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk berperilaku sebagai pemimpin, manajer, edukator, dan supervisor sebagai upaya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah. Guru kelas telah melaksanakan sebagai pelaksana, adaptor, pengembang, serta upaya dalam meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik profesional dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Peserta didik memiliki peran sebagai objek kurikulum dan telah melaksanakannya sebagai penerima isi kurikulum dan sasaran pembelajaran dengan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
Copyrights © 2024