Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pendidikan Barat dengan Pendidikan Islam: Perbandingan Paradigma

Utami, Nendya Puji (Unknown)
Raudhea, Laras Gita (Unknown)
Sahid, Muhamad (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)
Indriana, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Abstrak Dalam filsafat pendidikan, Islam lebih berfokus pada religiusitas, filsafat pendidikan Barat menekankan rasionalitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, yang berarti subjeknya mencari informasi dari literatur seperti buku. Kajian ini dilakukan dengan membaca, meneliti, dan menganalisis berbagai literatur yang ada, termasuk Alquran, Hadits, kitab-kitab, dan temuan penelitian. Kebudayaan dan peradaban dipengaruhi oleh setidaknya lima elemen. Pertama, Barat memasukkan akal ke dalam semua aspek kehidupan manusia; kedua, mereka memiliki perspektif dualistis tentang realitas dan kebenaran; ketiga, mereka memiliki ajaran humanisme; dan kelima, drama dan tragedi menjadi elemen utama dalam sifat dan eksistensi manusia. Kelima komponen ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemikiran sarjana Barat, yang pada gilirannya membentuk model pendidikan Barat. Pengembangan fitur dan prinsip Islam dalam pendidikan dikenal sebagai al-tarbiyah, al-ta'lim, dan al-ta'dib. Konsep pendidikan Islam mencakup semua tujuan pendidikan, termasuk kebahagiaan akhlak, kebahagiaan bangsa, kebahagiaan dunia, dan kebahagiaan peradaban.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...