Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS Terpadu dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 121/I Muara Singoan

Rahman, Aulia (Unknown)
Karmila, Rosa (Unknown)
Auqanita, Maulidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan; (2) mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 121/I Muara Singoan; (3) mengetahui dampak penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model true esxperimen kelompok kontrol pretest-posttest. penelitian ini dilakukan di SD Negeri 121/I Muara Singoan. Populasi dalam ulasan ini adalah siswa kelas IV sehingga berjumlah 71 siswa. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa kelas uji coba, dan 20 siswa kelas kontrol. Penentuan kelas uji coba dan kelas kontrol diselesaikan dengan menggunakan prosedur maching group. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar serta lembar panduan persepsi bagi pendidik dan peserta didik yang masing-masing telah disetujui oleh dua orang validator. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas, lalu dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dalam menghadapi mata pelajaran IPS yang dikoordinasikan dengan mata pelajaran lain yang bersangkutan pada siswa kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan diwujudkan melalui lima latihan tahap pembelajaran, dimana hasil observasi pendidik dan peserta didik berada pada signifikansi yang baik; (2) hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan setelah penerapan pendekatan saintifik mengalami peningkatan hasil belajar yang berada pada klasifikasi tinggi; (3) Terdapat pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...