Tingkat kepercayaan diri merupakan salah satu faktor utama peserta didik dalam bersosialisasi, belajar dan mengembangkan diri di lingkungan sekolah. Anak yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi akan sangat mudah untuk melakukan banyak hal dilingkungan sekolah. Berbeda dengan anak yang mempunyai tingkat kepercayaan diri rendah, mereka akan sulit untuk mengembangkan dirinya karena mereka merasa malu dalam melakukan sesuatu. Dari hal tersebut peneliti akan meneliti tingkat kepercayaan diri di SMP N 6 Semarang. Sampel penelitian iini yaitu siswa kelas IX H SMP N 6 Semarang yang berjumlah 155 responden. Untuk metode pengumpulan data menggunakan cara menyebarkan kuisoner melalui media sosial aplikadi WhatsApp. Hasil Penelitian pada kategori sangat rendah dengan presentase 0,6% kategori rendah sebesar 66,5% kategori sedang sebesar 5,8% dan pada kategori sangat tinggi sebesar 27,1% . Dan hasil keseluruhan pada kategori ini dapat disimpulkan siswa kelas IX SMP N 6 Semarang mempunyai kepercayaan diri yang rendah
Copyrights © 2024