Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengintegrasian Teknologi dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Peran Kebijakan dalam Pembelajaran Digital

Sundari, Amala (Unknown)
Fauzia, Fany Isti (Unknown)
Zulfikar, Muhamad Fikri (Unknown)
Adinda, Raden (Unknown)
Prihantini, Prihantini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalam segala bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam dunia pendidikan saat ini, teknologi memungkinkan kita memanfaatkan kemampuan siswa secara maksimal, menyesuaikan kemampuan belajarnya dengan pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi peran teknologi dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jenis penelitian adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan, dimana peneliti mengandalkan berbagai literatur untuk memperoleh data penelitian dan data yang dihasilkan berupa kata-kata atau uraian, sehingga menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi mempunyai dampak positif dan negatif. Ketika berbagai pemangku kepentingan bekerja sama dengan baik untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi mencapai tujuannya, dampaknya akan terkonsentrasi pada hal-hal positif dan dampak negatifnya akan diminimalkan. Peran kebijakan pendidikan dalam pembelajaran berbasis digital dan teknologi sangatlah penting. Oleh karena itu, kebijakan pendidikan diperlukan untuk pemanfaatan teknologi digital secara optimal dan komprehensif. Seluruh elemen masyarakat diharapkan bekerjasama dan mendukung dalam mengoptimalkan berbagai kebijakan pendidikan berbasis teknologi digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...