Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori, yaitu penelitian yang menggunakan sejumlah penelitian terdahulu sebagai sumber utama. Penelitian sebelumnya yang paling mendasar yang menjadi tulang punggung penelitian ini adalah lima penelitian di atas. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang peneliti peroleh dari penyebaran kuesioner online kepada karyawan Adira Finance yang tersebar di seluruh Indonesia. Kuesioner yang peneliti sebarkan berisi 5 pernyataan yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, setuju, sangat tidak setuju, dan normal/biasa saja serta berisi 16 item pertanyaan yang meliputi 6 item pertanyaan untuk variabel Servant Leadership, 6 variabel Employee Profrmance, dan 4 Variabel loyalitas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan pelayan dapat mempunyai hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena nilai P-Values bernilai positif dan berada di bawah tingkat signifikansi 0,05 yaitu 0,022. Hal ini dikarenakan kepemimpinan yang melayani dapat membuat karyawan senang dalam bekerja, bersemangat dalam bekerja, mempunyai hubungan yang baik dengan atasan, dan pada akhirnya karyawan dapat menyelesaikan target perusahaan yang diberikan kepadanya dengan mudah dan pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja karyawan. Hasil ini sejalan dengan sejumlah penelitian sebelumnya. Selain itu variabel Loyalitas juga dapat memperkuat pengaruh variabel kepemimpinan pelayan terhadap kinerja pegawai karena hal yang sama yaitu hasil P-Values yang mengarah ke positif dan berada di bawah taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000 lebih besar. signifikan dibandingkan pengujian langsung karena loyalitas dan meningkatkan semangat kerja, kebahagiaan, dan kunci hubungan baik antara karyawan dan atasan.
Copyrights © 2024