IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): 2024

Metode Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI : (Studi di SMAN 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau)

Nurlaila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode picture pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode pembelajaran Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI SMAN 1 Kelayang yaitu pada siklus I 66,66% dan pada siklus II 80,30%. Berdasarkan analisis data yang didapat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan metode Picture dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...