cover
Contact Name
Hasan Syahrizal
Contact Email
jurnalihsan@gmail.com
Phone
+6282352818690
Journal Mail Official
jurnalihsan@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sederhana Lorong Lambang Sari No.959, RT 001 RW. 006, Kelurahan Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau, Indonesia
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 30259150     EISSN : 29871298     DOI : https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2
Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan pendidikan
Articles 250 Documents
Pengaruh Motivasi Kerja Kepala Madrasah Dan Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru Handoyo, Usman; El Widdah, Minnah; Zulqarnain
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i2.30

Abstract

Teknologi informasi saat ini menjadi penunjang penting pada dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitin ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan Populasi penelitian semua guru yang berjumlah 13 orang, sedangkan sampel penelitian adalah seluruh populasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan uji persyaratan analisis, Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja terletak pada kelas interval ke empat 29 – 34. Pada variabel teknologi informasi terletak pada kelas interval ke empat 31 – 35. Dan pada variabel kinerja guru terletak pada kelas interval ke empat 34 – 37. kesimpulkan bahwa motivasi kerja (X1) dan Teknologi Informasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Batanghari
Pola Pengajaran Agama Islam Dalam Keluarga Suku Laut Melayu di Pulau Lipan Desa Penuba Mega Sari, Rahayu; EI Widdah , Minnah; Rozelin, Diana
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i1.33

Abstract

Pola pengajaran agama islam selama ini yang dilakukan oleh ustadz pada masyarakat suku laut melayu pulau lipan desa penuba belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola pengajaran agama islam dalam keluarga suku laut melayu di pulau lipan desa penuba kecamatan selayar kabupaten lingga provinsi jambi. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling, yang menjadi informan kunci yakni masyarakat suku laut, orang dewasa, orang tua dan anak atau remaja. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing atau verifivation. Hasil dari penelitian terdiri dari pola pengajaran agama islam di pulau lipan yakni pola pengajaran langsung dilaksanakan untuk dewasa atau orang tua, dan tidak langsung dilaksanakan untuk remaja dan anak-anak. Faktor pendukung dalam pola pengajaran agama islam terdiri dari antusias masyarakat, fasilitas dan rumah ibadah, pendidikan masyarakat, dan pemberian reward. Faktor penghambat pola pengajaran agama islam terdiri dari buta aksara, suit diajak kegiatan keagamaan, infrastruktur yang masih kurang, dan sumber daya manusia masih kurang. Peran pemerintah desa penuba terdiri dari support kegiatan, dan penyalur bantuan.
Strategi Belajar Siswa Berprestasi Syahrizal, Hasan; Nurhafizah
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i1.36

Abstract

Strategi belajar merupakan salah satu cara siswa dalam mencapai tujuan belajar .Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi belajar siswa berprestasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi yang mendapatkan juara 1 sampai dengan 3 yang berjumlah 30 orang dari 10 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berprestasi yang mendapatkan juara 1 sampai 3 di kelas memiliki strategi giat dalam belajar, memperhatikan guru saat belajar, menghormati guru, santun, semangat mengerjakan tugas dari guru dan tidak berbicara kasar terhadap guru, selain itu pada saat dirumah dalam keterangan wawancara siswa membaca buku sebelum kesekolah, mengerjakan PR dengan baik, disiplin, dan mayoritas siswa berprestasi tidak membenci. Impikasi dari penelitian ini memberikan gambaran yang dilakukan oleh siswa berprestasi dalam mencapai hasil belajar yang optimal dikelas dengan predikat juara 1 sampai dengan 3 di kelas
Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini Siyami, Kusnul; Zaharuddin
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i1.37

Abstract

Peran guru dalam mengembangkan nilai moral agama anak usia dini sagatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengembangkan nilai moral agama anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peranan guru diantaranya sebagai ahli instruksional yaitu guru menyusun satuan kegiatan harian, sebagai motivator, guru sebagai model, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pengarah kedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan peranan guru dalam membimbing moral anak adalah kerjasama yang baik antar guru serta kepiawaian dalam mengatasi anak didik, ketiga, faktor penghambat yaitu karakteristik anak didik dan pola asuh orang tua yang berbeda-beda serta cara mengajar guru yang berbeda-beda meskipun mempunyai tujuan yang sama
Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 Nurhafizah; Syahrizal, Hasan
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i1.38

Abstract

Manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 sangat penting agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan manajemen pembelajaran pada masa Covid–19 sudah berjalan dengan cukup baik. sekolah melaksanakan pembelajaran secara daring dengan orangtua mengambil tugas di sekolah untuk dikerjakan anak dirumah. Faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran pada masa covid – 19 yakni tidak adanya kehadiran anak, tidak semua orangtua memiliki kuota untuk mengikuti pembelajaran daring, kurangnya respon orangtua dalam mengambil dan mengembalikan hasil karya anak atau media pembelajaran yang telah diberikan, kurangnya semangat orangtua untuk mengajak anak mengikuti pembelajaran dirumah
Manajemen Peserta Didik Pada Era Pandemi Covid-19 Faniati, Fenny; Sandi, Qalka
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i1.39

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan pengelolaan penerimaan peserta didik disekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen peserta didik pada era pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian yakni guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diuraikan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik berjalan baik, guru dan orang tua bekerjasama dalam memberikan bimbingan kepada anak yang mana bahan ajar disediakan oleh guru, seperti vidio dan lain-lain, sedangkan orang tua membantu anak dalam mempelajari bahan ajar yang dikirimkan oleh guru. Adapun hambatan-hambatan seperti tidak semua orang tua memiliki andorid, kesibukan orang tua dalam mencari nafkah dan kuota internet yang cukup mahal untuk didapatkan orang tua dalam mengakses internet agar dapat menerima bahan ajar dari guru
Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini Khazam, Khairul; Jamrizal; Al Munir, Ied
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i2.48

Abstract

Kompetensi kepribadian harus tertanam baik dalam diri seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini. pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini menggunakan metode Perposive Sampling, dengan informan kunci adalah guru, sedangkan pengelola menjadi informan tambahan, jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang dengan rincian 1 guru dan 1 orang pengelola KB Athfalul Aqib, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini pertama, kompetensi kepribadian guru belum optimal, ditandai dengan adanya penurunan etos kerja, kurangnya disiplin guru dalam melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan, kedua, faktor yang menyebabkan menurunnya kompetensi kepribadian guru disebabkan oleh faktor latar belakang pendidikan guru yang belum menjurus kepada pendidikan anak usia dini, minimnya sarana dan prasarana, disiplin dan supervisi. Ketiga, upaya yang perlu dilaksanakan dalam pengembangan kompetensi kepribadian guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini, yakni guru mengikuti pelatihan, serta pengadaan sarana prasarana yang mencukupi, melaksanakan supervisi guru secara berkelanjutan dan memberikan penghargaan kepada guru yang memiliki prestasi yang baik.
Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan Suriani, Nidia; Risnita; Jailani, M. Syahran
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i2.55

Abstract

Setiap  penelitian   selalu  diawali dengan pertanyaan mengenai satu atau beberapa kelompok individual atau objek tertentu. Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. Pendekatan dalam makalah ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam makalah ini menggunakan dokumentasi, yakni berupa buku-buku yang relevan dengan tema makalah serta jurnal-jurnal yang terpublikasi secara online. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari makalah ini Pertama populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan, sampel adalah sebagai bagian dari populasi, sebagai contoh (monster) yang diambil dengan menggunakan cara-cara tertentu, teknik sampling adalah cara untuk menentukan sampel yang jumlahnya sesuai dengan ukuran sampel yang akan dijadikan sumber data sebenarnya, dengan memperhatikan sifat-sifat dan penyebaran populasi agar diperoleh sampel yang representatif, teknik sampling dikelompokkan menjadi dua yaitu probability sampling dan nonprobability sampling. Kedua partisipan penelitian adalah sebagai semua orang atau manusia yang berpatisipasi atau ikut serta dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga partisipan merupakan bagian subjek yang dilibatkan dalam kegiatan mental dan emosi secara fisik sebagai informan untuk memberikan respon terhadap kegiatan yang dilakukan, dan mendukung pencapaian tujuan kegiatan, serta bertanggung jawab atas keterlibatannya.
Kompetensi Pengembangan Kurikulum Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Anak Tuna Runggu Rusniati, Rizky; Indrawan, Irjus; Suryani
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i2.56

Abstract

Kompetensi pengembangan kurikulum menjadi faktor penting bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) pada anak tuna rungu. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kompetensi pengembangan kurikulum anak berkebutuhan khusus berkebutuhan khusus (ABK) pada anak tuna rungu, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari kompetensi pengembangan kurikulum anak berkebutuhan khusus (ABK) pada anak tuna rungu. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah  1 satu orang kepala sekolah,  1 orang wakil kepala bagian kurikulum dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pengembangan kurikulum anak berkebutuhan khusus (ABK) pada anak tuna rungu sudah berjalan dengan cukup baik, akan tetapi tedapat beberapa hambatan yang terjadi. Hal ini merupakan salah satu  faktor penghambatnya, diantara faktor prnghambatnya adalah; kompetensi guru yang beragam, kondisi siswa  yang beragam, pihak orang tua yang tidak dapat diajak kerjasama dengan pihak sekolah untuk ikut serta dalam pemantauan perkembangan anaknya. Sedangkan faktor pendukungnya; manajemen sekolah, penggunaan media belajar, penggunaan strategi dan model-model pembelajaran
Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Ardiansyah; Risnita; Jailani, M. Syahran
IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/ihsan.v1i2.57

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu penelitian ilmiah pendidikan tidak lepas dari teknik pengumpulan data dan instumen penelitian yang digunakan. Tujuan makalah  ini adalah untuk membahas tentang teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Makalah ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan referensi berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan tema dalam makalah ini. Hasil makalah ini dapat diuraikan bahwa dalam penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang umum digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi, wawancara melibatkan interaksi langsung antara peneliti dan responden untuk mendapatkan data berupa pandangan, pengalaman, dan persepsi mereka, observasi melibatkan pengamatan langsung terhadap subjek penelitian, studi dokumentasi melibatkan pengumpulan data dari dokumen, arsip, atau bahan tertulis lainnya. Sementara itu, dalam penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang umum digunakan adalah angket atau kuesioner, observasi terstruktur, eksperimen, angket atau kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data melalui pertanyaan yang telah disusun sebelumnya, observasi terstruktur melibatkan pengamatan yang telah dirancang sebelumnya dengan variabel-variabel yang telah ditentukan, eksperimen melibatkan manipulasi variabel-variabel tertentu untuk melihat dampaknya terhadap variabel lainnya. Instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif meliputi panduan wawancara, daftar periksa observasi, pedoman dokumentasi, sedangkan dalam penelitian kuantitatif, instrumen penelitian meliputi angket atau kuesioner, daftar periksa observasi terstruktur, instrumen pengukuran dalam eksperimen.

Page 1 of 25 | Total Record : 250