IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): 2024

Upaya Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Find Me

Anur Winarti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dea Faradilla (Universitas Pendidikan Indonesia)
Putri Rahmatun Nisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Siti Jubaedah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lizza Suzanti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk memecahkan permasalahan-permasalahan sosial dengan menciptakan hubungan erat bersama seseorang dalam rangka menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perilaku seperti menyendiri, membeda bedakan teman, dan kurang percaya diri banyak ditemukan pada anak. Berdasarkan urgensi fase usia keemasan (golden age), keterampilan sosial perlu dioptimalkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mengoptimalkan keterampilan sosial anak usia dini yaitu dengan melalui kegiatan bermain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan sosial anak usia dini yang dikembangkan melalui permainan find me. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian adalah anak uisa 5-6 tahun yang berjumlah 6 anak. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan find me terbukti dapat mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan perilaku yang menunjukkan anak menjadi lebih percaya diri, mampu bekerja sama, dan dapat menghargai teman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...