Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa setelah diterapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada siswa kelas V MIS; 2) Mendeskripsikan perbedaan literasi sains siswa kelas V MIS pada kelas yang menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dengan kelas yang menerapkan pembelajaran langsung; 3) Mendeskripsikan keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada siswa kelas V MIS; 4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V MIS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 132 siswa MIS Ushuluddin Singkawang dengan pengambilan sampel teknik Purposive sampling sehingga kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VB dan VD berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes, observasi langsung, dan angket. Dengan instrumen penelitian berupa Lembar Tes Literasi Sains, Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Model Pembelajaran, dan Lembar Angket Respon Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain, Uji-T dan persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan literasi sains siswa dengan penerapan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book di V MIS pada kategori sangat tinggi. (2) terdapat perbedaan literasi sains siswa pada kelas V MIS yang menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dengan kelas pembelajaran langsung. (3) keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada kategori sangat baik. (4) respon siswa positif terhadap keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada kategori sangat baik
Copyrights © 2024