Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 01 (2024): Volume 09 No. 01 Maret 2024

PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V MIS

Murdani, Eka (Unknown)
Dini Safitri, Ega (Unknown)
Sumarli (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa setelah diterapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada siswa kelas V MIS; 2) Mendeskripsikan perbedaan literasi sains siswa kelas V MIS pada kelas yang menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dengan kelas yang menerapkan pembelajaran langsung; 3) Mendeskripsikan keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada siswa kelas V MIS; 4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V MIS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 132 siswa MIS Ushuluddin Singkawang dengan pengambilan sampel teknik Purposive sampling sehingga kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VB dan VD berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes, observasi langsung, dan angket. Dengan instrumen penelitian berupa Lembar Tes Literasi Sains, Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Model Pembelajaran, dan Lembar Angket Respon Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain, Uji-T dan persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan literasi sains siswa dengan penerapan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book di V MIS pada kategori sangat tinggi. (2) terdapat perbedaan literasi sains siswa pada kelas V MIS yang menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book dengan kelas pembelajaran langsung. (3) keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada kategori sangat baik. (4) respon siswa positif terhadap keterlaksanaan model Circuit Learning berbantuan media Pop up-book pada kategori sangat baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...