Metode pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan kedua perbedaan tersebut. Pentingnya penggunaan metode dalam mengajar sangatlah besar karena metode adalah salah satu komponen dalam proses pendidikan. Metode berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan yang didukung oleh berbagai alat bantu mengajar, serta menjadi salah satu faktor penentu dalam keseluruhan sistem pendidikan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan pustaka. Dimana penelitian ini bertujaan untuk mendeskripsikan metode apa saja yang diterapkan di pesantren tradisional dan modern serta implementasinya dalam pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini menggambarkan tentang metode pembelajaran kitab kuning yang diterapkan dipesantren tradisional adalah metode wetonan, sorogan , bandongan, munadzarah (diskusi), halaqah, tartil (hafalan), evaluasi sedangkan metode pembelajaran kitab kuning di pesantren modern menggunakan metode sorogan atau bandongan, diskusi kelas, penggunaan bahasa terjemahan teknologi dalam pembelajaran, talaqqi dan musyawarah penilaian dan evaluasi.
Copyrights © 2023