Pendidikan adalah hak asasi setiap individu, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK), yang memerlukan pendidikan khusus untuk mengoptimalkan potensi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mendidik ABK dan strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data, dilakukan di SLB PGRI 01 Kamal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam mendidik ABK meliputi pengaturan emosi, interaksi sosial, penyampaian materi, dan penentuan metode pembelajaran yang tepat. Strategi yang diterapkan guru antara lain memberikan dukungan emosional, berkomunikasi aktif dengan orang tua, menggunakan media visual, dan menyelenggarakan kegiatan yang meningkatkan interaksi sosial. Pelatihan dan workshop bagi guru juga berperan penting dalam meningkatkan kompetensi mereka. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan yang fleksibel dan dukungan yang konsisten untuk mencapai perkembangan optimal ABK.
Copyrights © 2024