Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment
Vol 1 No 1 (2024): May

Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Pemahaman Peserta Didik Mengenai Kegiatan Ekonomi Jenis-Jenis Usaha Masyarakat

Yulisnawati, Reny (Unknown)
Nurlatifah, Nurlatifah (Unknown)
Hidayati, Eva Fauzia Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

IPS adalah mata pelajaran yang penuh dengan konsep hapalan dan cenderung nmembosankan bagi siswa sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman mereka terhadap materi pelajaran tersebut. Penggunaan model bervariatif yang memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor kemampuan dan rasa keingintahuan mereka dalam mencari pengetahuan baru sangat diperlukan, sehingga siswa tidak merasa jenuh, bermakna dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran IPS. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan model Cooperative Script terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode True eksperiment komparatif dengan desain Pretesr- Postest Control Group desihn. Kelas pembanding (kontro) dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Cooperative type Example non- Example. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script (X) terhadap pemahaman peserta didik (Y). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Cooperative script terhadap pemahaman IPS peserta didik mengenai kegiatan ekonomi jenis-jenis usaha masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeesica

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Focus and Scope The aim of the Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, ...