Al-Musthafa: Jurnal Kependidikan dan Keilmuan Berbasis Islam
Vol 1 No 2 (2021): Februari-Mei

Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Ampenan

Syarifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Strategi merupakan salah satu komponen yang harus menjadi perhatian penting bagi guru dalam proses pembelajaran. Materi yang disampaikan guru tidak mampu dipahami jika guru mengajar tanpa dibekali dengan kemampuan dalam menyampaikan, sehingga memungkinkan jika strategi merupakan hal yang diperhitungkan dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengajar, hambatan apa saja yang dihadapi dan solusi yang digunakan guru dalam memecahkan hambatan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan yaitu: Pengumpulan Data, Editing, Analisa, dan kesimpulan. Sedangkan Keabsahan data dalam penelitian ini adalah: 1) Ketekunan pengamatan; 2) Perpanjangan keikutsertaan; 3) Triangulasi. Adapun kesipulan dari penelitian ini adalah: 1) Strategi yang dilakukan seorang guru Fiqih yang meningkat prestasi belajar siswanya: Strategi pada waktu membuka dan menutup pelajaran, Stategi dalam pengelolaan kelas, Strategi dalam menyampaikan materi dan memberi penguatan, Strategi penggunaan metode dan pengevaluasian; 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah: kesulitan pengelolaan kelas karena anak dan guru kurang berinteraksi, kesiapan guru dalam proses pembelajaran, pemahaman guru terhadap karakteristik anak baik segi fisik maupun mental, pemahaman peserta didik masih kurang dalam ilmu fiqih, dan kurangnya sumber yang dijadikan pegangan baik oleh guru maupun peserta didik; 3) Upaya yang dilakukan dalam mengahadpi kendala oleh guru adalah hubungan interaksi dengan anak diperbaiki sehingga mudah diatur, mempersiapkan segala kebutuhan sebelum memulai pembelajaran, pengkajian lebih dalam tentang kondisi anak, dan tambahan materi atau buku pegangan tentang ilmu fiqih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ejam

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Musthafa: Jurnal Kependidikan dan Keilmuan Berbasis Islam atau disingkat Al-Musthafa merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Aziziyah sejak tahun 2021 dengan E-ISSN : 2798-1800 . Al-Musthafa menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan ...