Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 1 (2024)

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA (STUDI META ANALISIS)

Delia Putri Pramudita (Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK IAIN Palangka Raya)
Hadma Yuliani (IAIN Palangka Raya)
Santiani Santiani (IAIN Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian terfokus pada pengaruh Problem Based Learning untuk melihat kemampuan pemecahan masalah IPA dalam ranah SMP/SMA. Metode dalam penelitian menggunakan meta analisis yang merupakan  teknik perhitangan guna menunjukan hasil dua atau lebih penelitian dan memperoleh gabungan data secara kuantitatif. Hasil memperlihatkan, ada perbedaan mengenai PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah ditingkat sekolah tertentu. Effect size menunjukkan perbedaan antara kedua tingkat sekolah tersebut, pada tingkat sekolah menengah pertama hasil effect size menunjukkan nilai 0,682 sedangkan pada tingkat sekolah menengah ke atas menunjukkan hasil 0,887. Berdasarkan hasil dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL terdapat perbedaan pada setiap tingkatan sekolah, hal ini dapat disebabkan adanya perbedaan pola pikir yang dipengaruhi oleh usia, dimana dijenjang sekolah menengah ke atas lebih keatif dalam menganalisis suatu pemecahan masalah dibandingkan dengan jenjang sekolah menengah pertama. Dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, model PBL ini memiliki dampak yang cenderung baik bagi sistem pembelajaran siswa di sekolah. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...