Penelitian bertujuan guna mengeksplorasi minat dan motivasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan Pembelajaran IPA, serta untuk menentukan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memakai metode survei. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan IPA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan total 57 mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Pembelajaran IPA. Instrumen penelitian yang dipergunakan berupa angket minat dan motivasi belajar terhadap perkuliahan Pembelajaran IPA, menggunakan pernyataan sebanyak 40 nomor. Pernyataan pada angket terdiri atas 2 variabel, yajni minat dan motivasi belajar, dengan 9 aspek didalamnya. Analisis data menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan Pembelajaran IPA berada dalam kategori “cukup baik” untuk setiap aspek. Dengan hasil seperti ini, diperlukan usaha guna menaikkan minat dan motivasi belajar. Upaya yang dapat dilakukan diantaranya menggunakan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dalam perkuliahan dan meningkatkan rasa percaya diri.
Copyrights © 2024