Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 1 (2024)

ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET DI SMP NEGERI 39 SURABAYA

Sangga Kurnia Pradana (Unknown)
Siti Nurul Hidayati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai keaktifan peserta didik dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu discovery learning dengan bantuan media liveworksheet, penilaian tersebut akan didasarkan atas hasil observasi keaktifan peserta didik selama pembelajaran. Keaktifan peserta didik akan meliputi lima aspek diantaranya adalah antusias dalam belajar, interaksi peserta didik dengan guru, keaktifan dalam kelompok, mengemukakan pendapat/ide, partisipasi menyimpulkan pembahasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre- Experimental Design dengan rancangan One-Shot Case Study Design. Subjek penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling yaitu peserta didik kelas VIII-F SMPN 39 Surabaya. Teknik analisis data untuk mengetahui keaktifan belajar akan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan perhitungan presentase untuk peningkatanya. Hasil dari penelitian menunjukkan untuk pertemuan pertama menunjukkan presentae 59% “Sedang”, kemudian pertemuan kedua 69% “Tinggi” dan pertemuan ketiga 71% ”Tinggi”.  Kesimpulan pada penelitian ini bahwa keaktifan peserta didik pada  penerapan model pembalajaran discovery   learning berbantuan liveworksheet telah menunjukkan peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...