Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 1 (2024)

KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CCE (COOPERATIVE CLASS EXPERIMENT) TIPE GROUP INVESTIGATION PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA

Nurisa Ainulhaq (Unknown)
Yoga Mahendra (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian keterampilan generik sains siswa setelah pembelajaran menerapkan model pembelajaran CCE (Cooperative Class Experiment) Tipe Group Investigation pada konsep Larutan Penyangga. Metode Penelitian Kelas digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif melalui perbaikan proses belajar mengajar dan melakukan inovasi pada teori dan praktek pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CCE Tipe Group Investigation secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan baik pada keenam tahapan pembelajarannya. Adapun pencapaian keterampilan generik sains siswa setelah pembelajaran berkembang dengan kategori kemampuan sangat baik pada indikator bahasa simbolik, dan kategori kemampuan baik pada indikator pemodelan matematik dan membangun konsep. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan generik sains siswa dapat berkembang dengan baik melalui penerapan model pembelajaran CCE (Cooperative Class Experiment) Tipe Group Investigation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...