Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan uji validitas dan reliabilitas instrumen tes diagnostik lima tingkat (five-tier) kadar asam basa, serta menilai tingkat miskonsepsi yang dihadapi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan pada konsep materi tersebut. Ini adalah studi kuantitatif yang memanfaatkan pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan instrumen tes. Tahap penelitian dimulai dari analisis (pengumpulan data), desain dan perancangan produk, pengembangan (skala kecil), implementasi (skala luas) dan evaluasi (interpretasi miskonsepsi siswa) dengan menggunakan instrumen tes diagnostik five-tier. Hasil analisis validasi terdapat 17 soal dinyatakan valid dan 13 soal tidak valid. Berdasarkan hasil uji reliabilitas, instrumen tes diagnostik lima tingkat memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu 0,75. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Medan konsep asam-basa tergolong pada kategori rendah yaitu sebesar 22%. Konsep derajat keasaman dan kebasaan memiliki tingkat miskonsepsi terbesar di kalangan siswa (34,17%).  Adapun persentase terendah yang dialami siswa yaitu pada konsep teori asam basa sebesar 6,88%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024