Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek esensial dalam pembelajaran IPA, yang menjadi fondasi bagi siswa untuk mengambil keputusan dan memecahkan permasalahan kontekstual. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada topik sistem pernapasan. Metode yang diterapkan adalah Penelitian dan Pengembangan (RD). Hasil validasi oleh dua validator mengindikasikan bahwa instrumen tes sangat valid pada aspek kesesuain materi, konstruksi, dan penggunaan bahasa pada soal, dengan rata-rata skor sebesar 86,67. Analisis empiris melalui Anates 4.0 menghasilkan 29 soal valid dan 13 tidak valid. Terdapat 11 soal memiliki daya beda baik, 20 cukup, dan 11 jelek. Kesulitan soal bervariasi; 9 mudah, 18 sedang, dan 15 sukar hingga sangat sukar.  Uji reliabilitas diperoleh nilai  0,70 yang berarti instrumen reliabel. Berdasarkan validitas isi dan empiris, 25 soal dari 42 soal yang dikembangkan dapat digunakan dan efektif mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dengan hasil rata-rata menunjukkan siswa berada pada kategori cukup kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024