Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan ketersediaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dikelas III SD Negeri 091299 Sipoldas kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner, angket, dan tes. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 22 for windows maka diperoleh nilai koefisien korelasi hubungan antara ketersediaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di kelas III SD Negeri 091299 Sipoldas adalah 0,905 > 0,005 yang mana dalam hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dikelas III SD Negeri 091299 Sipoldas kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023