Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam terkait disiplin belajar merupakan sikap mental yang tercermin dalam perbuatan atau perilaku individu, kelompok atau masyarakat berupa ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh etika, norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat untuk tujuan tertentu. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 091523 Pardamean Negeri Asih Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket (kuesioner), metode dokumentasi, observasi atau observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi dari responden, jenis angket bersifat tidak langsung dan tertutup yaitu jenis angket yang telah memberikan jawaban. Teknik analisis data menggunakan Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai koefisien kontinjensi sebesar 16,91 setelah dibandingkan dengan tabel product moment, kemudian lebih besar dari tabel “r” pada taraf signifikan 5% (9,488). Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 091523 Pardamean Negeri Asih Kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023