Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Kelas XI PIS SMA Swasta Teladan Pematang Siantar T.A 2022/2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi serta kurangnya pemahaman guru dalam model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen bentuk Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi linear sederhana serta dilakukan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis data diperoleh uji normalitas yaitu bahwa residual data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada kelas eksperimen (XI PIS-1) dengan diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 25,4 dengan nilai rata-rata pretest = 49,25 dan hasil nilai rata-rata posttest = 74,65. Sedangkan pada kelas kontrol (XI PIS-2) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 17,41 dengan nilai rata-rata pretest = 42,97 dan nilai rata-rata posttest = 60,38. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa kelas XI PIS-1 melalui model pembelajaran talking stick dengan kelas XI PIS-2 yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Kelas XI PIS SMA Swasta Teladan Pematang Siantar T.A 2022/2023.
Copyrights © 2023