Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 1 No. 2 (2023): P3JI - MEI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI PIS DI SMA SWASTA TELADAN PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023

Ita Erlina Sari Simandalahi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Ekonomi)
Herlina Hotmadinar Sianipar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Ekonomi)
Tumpal Manahara Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Ekonomi)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Kelas XI PIS SMA Swasta Teladan Pematang Siantar T.A 2022/2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi serta kurangnya pemahaman guru dalam model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen bentuk Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi linear sederhana serta dilakukan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis data diperoleh uji normalitas yaitu bahwa residual data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada kelas eksperimen (XI PIS-1) dengan diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 25,4 dengan nilai rata-rata pretest = 49,25 dan hasil nilai rata-rata posttest = 74,65. Sedangkan pada kelas kontrol (XI PIS-2) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 17,41 dengan nilai rata-rata pretest = 42,97 dan nilai rata-rata posttest = 60,38. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa kelas XI PIS-1 melalui model pembelajaran talking stick dengan kelas XI PIS-2 yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Kelas XI PIS SMA Swasta Teladan Pematang Siantar T.A 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...