Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 1 No. 3 (2023): P3JI - AGUSTUS

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS II SD DI SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR

Imelda Sabrina Sibarani (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Gloria Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Biologi)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai oleh setiap orang. Namun pada kenyataannya, peneliti menemukan bahwa banyak siswa yang belum terampil dalam membaca. Hal ini terlihat ketika peneliti memberikan latihan kepada siswa untuk membaca materi yang ada di papan tulis. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dan menjelaskan langkah penerapan metode tersebut dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa di SD Kristen Kalam Kudus Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Pelton. Sumber data yang digunakan antara lain: RPP peneliti, lembar tes yang diukur menggunakan rubrik, lembar observasi mentor atau umpan balik mentor dan jurnal refleksi peneliti. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan membaca siswa kelas II dengan rata-rata nilai pada indikator penerapan I sebesar 55,53, penerapan II sebesar 70, dan sebesar 73,52 di penerapan III. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD di SD Kristen Kaam Kudus Pematangsiantar dengan menggunakan langkah-langkah metode yaitu: menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa; menjelaskan manfaat dari latihan membaca yang akan dilakukan, menyajikan informasi atau materi, pemberian arahan untuk membaca teks bahasa inggris, dan melakukan latihan membaca teks bahasa inggris; guru mengobservasi setiap siswa selama pembelajaran dan memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa; guru melakukan refleksi tentang pembelajaran dan latihan yang dilakukan sebagai upaya untuk perbaikan di pelaksanaan selanjutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...