Penilaian berbasis kelas ini merupakan nama lain dari penilaian otentik, yang mana landasan teoritis penilaian berbasis kelas terangkum dalam pengembangan penilaian otentik. Penilaian berbasis kelas merupakan pendekatan penilaian yang lebih menitikberatkan pada penilaian yang sebenarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang analisis tingkat pemahaman guru-guru SD Negeri 122358 Pematangsiantar terhadap penilaian berbasis kelas untuk tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis persentase dapat diketahui bahwa pemahaman guru SD Negeri 122358 Pematangsiantar terhadap penilaian berbasis kelas mencakup konsep dasar penilaian otentik, konsep dasar penilaian portofolio dan penerapan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 adalah baik (87,88%). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa guru-guru SD Negeri 122358 Pematangsiantar secara umum telah memahami konsep penilaian portofolio tetapi cara penerapannya masih perlu dikembangkan kembali melalui adanya kegiatan pelatihan dan sosialisasi pengembangan penilaian berbasis kelas.
Copyrights © 2023