Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling total sebanyak 63 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner(angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh menggunakan data angket. Uji instrumen menggunakan uji Asumsi Klasik dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial t(Uji T), Uji Simultan F(Uji F), dan uji Koefisien determinasi(R2). Dari data hasil penelitian dan pengolahan data uji parsial(uji t) diketahui bahwa didapatkan thitung 3.453 2.000 dan signifikannya 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar. Dari uji parsial (uji t) variabel disiplin belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar siswa dengan thitung 6,327 2.000 dan taraf signifikansinya 0,005 = ttabel 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa kesesuaian disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar.
Copyrights © 2023