Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dalam proses pembelajaran Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar dengan jumlah 160 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsif random sampling dengan menggunakan rumus pengambilan sampel slovin maka jumlah sampel diperoleh sebanyak 62 siswa. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data uji t diperoleh skor rata-rata 15,44 Persamaan ini menggambarkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dihitung berdasarkan uji t yang diperoleh yaitu 12,09 artinya jika status pembelajaran Make A Match meningkat sebesar satu satuan maka Make A Match SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar akan bertambah sebesar 12,09. Dengan demikian hal ini menjelaskan bahwa hal ini berarti H1 diterima, dimana variabel Make A Match (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) di SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar.
Copyrights © 2023