Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 122384 Jl. Kol. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas V, sementara sampel yang digunakan adalah 28 siswa yang dipilih secara acak melalui metode Simple Random Sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu (Quasi experimental research) dengan rancangan penelitian One Group Pretest - Posttest Design. Peneliti menggunakan instrumen berupa 10 butir soal uraian yang berkaitan dengan materi perubahan wujud benda. Instrumen ini digunakan untuk menilai pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA, maka data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul, dilakukan analisis menggunakan Indeks Aiken’s V dan Uji N- Gain. Hal ini dibuktikan dengan uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai hasil perhitungan gain kelas eksperimen diperoleh rata - rata pretest sebesar 37,67 dan rata - rata posttest sebesar 85,53. Sehingga diperoleh gain 0,78. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil kemampuan berpikir kreatif dengan kategori sangat tinggi (g) ≥ 0,7. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 122384 Jl. Kol Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024