Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Subtema 2 Perubahan Energi UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental Design dengan metode penelitian kuantitatif. Desain Penelitian adalah Desain Experimen One grup pretest postest design. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar pada siswa kelas III dengan jumlah populasi dan sampel 22 orang.Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik sampling jenuh yaitu tehnik penentuan sampel apabila populasi digunakan sebagai sampel .Tehnik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi dan test(Pretest dan Postest). Tehnik analisa data yang digunakan adalah Uji Normalitas,Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan ,diperoleh taraf signifikansi (- 2 tailed ) lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) dan diperoleh nilai thitung (17,98 ) > t tabel 1,72) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Subtema 2 Perubahan Energi UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar.
Copyrights © 2024