Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan

PENERAPAN STATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PREDICTION GUIDE PADA SEKOLAH DASAR

Fitriani (IAIM Sinjai)
Muhammad Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran prediction guide dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/bersiklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif Prediction Guide dengan hasil belajar IPS. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang jumlahnya 27 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif adalah mereduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup kesiklus kedua dengan kualifikasi baik. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelajaran IPS tentang koperasi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif prediction guide meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...