Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan

KELAYAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PKN MATERI MUSYAWARAH UNTUK SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rohana Sufia (STAI Al-Fithrah Surabaya)
Nahdiyatul Ummah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Proses pembelajaran daring (dalam jaringan) pada saat pandemi harus diupayakan tidak memberikan efek kejenuhan dan kebosanan bagi guru dan murid. Sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah, tetap menyenangkan dan berkualitas sehingga diharapkan dapat mencetak generasi yang berkualitas baik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk video pembelajaran PKn materi musyawarah untuk SD/MI pada masa pandemi Covid-19 melalui uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan dua praktisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan versi Sugiyono pada tingkatan (level) 2 yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahapan tersebut meliputi adanya suatu produk, studi literatur, pengujian, hasil pengujian, perbandingan dengan produk standar, kesimpulan dan saran. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket dengan tiga macam lembar validasi. Kelayakan oleh ahli materi dapat dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan tata bahasa. Hasil kelayakan ahli media dilihat dari aspek kelayakan grafik dan kualitas tampilan video. Hasil dari pengujian ahli materi memiliki kategori “sangat layak” dengan nilai 98,8% dan kategori yang dimiliki dari hasil pengujian ahli media juga “sangat layak” dengan nilai 82,5%. Sedangkan hasil dari uji kelayakan oleh praktisi I sebesar 67,5% yang memiliki kategori “layak” dan 97,5% hasil dari praktisi II yang memiliki kategori “Sangat Layak”. Kata Kunci: Video Pembelajaran, PKn SD/MI, Pandemi Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...