Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lama studi mahasiswa Program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wisudawan/ti angkatan I, II dan III Program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi berjumlah 120 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 30 orang ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Data pada penelitian ini berupa nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan lama studi wisudawan/ti angkatan I, II dan III Program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi. Dengan menggunakan analisis korelasi product momen diperoleh nilai signifikan antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan lama studi yaitu -0,429 dimana r = -0,429 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan kategori sedang antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan lama studi mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Bukittinggi. Temuan ini dapat dijadikan sebagai referensi oleh program studi dalam merumuskan program layanan kemahasiswaan yang sesuai dan kegiatan konsultasi mahasiwa dengan penasihat akademik.
Copyrights © 2024