Rekursif: Jurnal Informatika
Vol 3, No 2 (2015): Volume 3 Nomor 2 November 2015

Rancang Bangun Augmented Reality dengan Menggunakan Multiple Marker untuk Peragaan Pergerakan Model Kerangka Tubuh Manusia

Mast Imam Usman AE (Unknown)
Ernawati Ernawati (Unknown)
Funny Farady Coastera (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi di bidang multimedia yaitu Augmented Reality dan menggabungkannya denganilmu kesehatan, untuk menghasilkan aplikasi yang dapat memberikan informasi kerangka tubuh manusia dengan tampilan yang lebih nyata. Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisis dan membuat sebuah Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality dengan Menggunakan Multiple Marker untuk Peragaan Pergerakan Model Kerangka Tubuh Manusia. Aplikasi augmented reality ini dikembangkan berdasarkan metode Sekuensial Linier dan analisis berorientasi objek Unified Modeling Language (UML). Untuk membangun aplikasi ini digunakan Vuforia dan Unity3D. Output dari aplikasi ini berupa objek 3D tulang rangka manusia. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa: (1) Penelitian ini telah berhasil membangun aplikasi augmented reality dengan menggunakan multiple marker untuk peragaan pergerakan kerangka tubuh manusia dengan pemodelan aplikasi menggunakan UML (Unified Modeling Languange) dan bahasa pemrograman JavaScript, (2) Pada tahap pengujian sistem untuk jarak antara smartphone dan marker dapat disimpulkan bahwa sistem dapat mendeteksi marker dan menampilkan objek dengan jarak 10-40 cm, (3) Pada tahap pengujian sistem dengan smartphone yang berbeda jenis, dapat disimpulkan bahwa objek dapat berjalan dengan baik, namun terdapat rentang waktu deteksi marker untuk menampilkan objek 3D, (4) Pada tahap pengujian dengan kondisi pencahayaan yang berbeda-beda dapat disimpulkan bahwa sistem membutuhkan cahaya yang cukup untuk dapat mendeteksi marker dan menampilkan objek 3D, (5) Pada tahap pengujian dengan memperhatikan pada sudut deteksi antara smartphone dan marker, dapat disimpulkan bahwa pada sudut 45, 90, dan -45 derajat, marker masih dapat dideteksi dan menampilkan objek 3D, (6) Pada tahap pengujian dengan menutupi area marker hingga setengah atau 50% dari area marker, sistem masih dapat mendeteksi marker dan menampilkan objek 3D. Kata kunci: Augmented Reality, Multiple Marker, Kerangka Manusia

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

rekursif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Rekursif adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu. Rekursif menerima artikel ilmiah dengan topik; Informatika, Sistem Informasi, dan Teknologi Informasi dari peneliti, dosen, guru, dan mahasiswa. Rekursif diterbitakan secara berkala ...