Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi sebagian anak. Karena, mereka menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang memusingkan dan sulit untuk di mengerti. Namun, anak tidak akan mendapatkan kesulitan jika anak tersebut mau dan percaya diri dalam belajar matematika. Dalam jurnal ini penulis akan menjelasakan kesulitan belajar matematika di kampung Cikadu Indah desa Tanjung Jaya yang bertempat di posko 5. Tujuan pelatihan matematika menggunakan ular tangga ini yaitu untuk mempermdah anak dalam belajar matematika dan menarik minat anak dalam belajar matematika. Dengan menggunakan media ini anak akan merasa tertantang karena dalam media ini akan ada soal yang harus dijawab oleh anak. Selain anak bermain anak juga akan belajar serius tetapi santai metode yang digunakan yaitu metode demonstrasi dimana metode ini yaitu metode yang menggunakan alat peraga yang ditujukan dan diperlihatkan untuk anak. Alasan metode ini digunakan karena anak butuh sesuatu yang konkrit. Sebagian anak sulit belajar matematika karena dalam proses belajarnya kebanyakan abstrak. Anak sulit menerima sesuatu yang abstrak mereka butuh yang nyata. Metode demonstrasi adalah metode yang menunjukkan sebuah gambar atau bentuk yang nyata. Untuk mendapatkan hasil yang didapat penulis melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengmatan dan refleksi. Pelatihan akan terus dilakukan sampai membuahkna hasil. Hasil dari pelatihan ini yaitu untuk menumbuhkan kecintaan terhadap matematika melalui media permainan ular tangga.
Copyrights © 2024