Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Peran Maple Calculator dalam Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa

Puji Lestari (Universitas Siliwangi)
Ratna Amalia Taqwani (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Maple Calculator dalam meningkatkan keterampilan representasi visual matematika siswa pada topik Fungsi Kuadrat. Dalam penelitian ini, 28 siswa kelas X Usaha Layanan Pariswisata (ULP) B pada satu SMKN 1 di kabupaten Pangandaran, Jawa Barat diambil sebagai sampel menggunakan metode purposive sampling. Tes uraian digunakan sebagai alat ukur kemampuan representasi matematis dengan menggunakan metode pra-eksperimen one group pretest-posttest design. Hasil analisis data menunjukkan kualitas peningkatan kemampuan representasi visual matematis siswa setelah pembelajaran dengan Maple Calculator yang diukur dengan N-gain sebesar 0,48, menandakan kualitas peningkatan sedang. Selain itu, nilai effect size sebesar 1,44 menunjukkan dampak yang sangat tinggi dari penggunaan Maple Calculator dalam meningkatkan representasi visual matematis siswa. Faktor utama peningkatan ini adalah kemampuan Maple Calculator dalam menyajikan grafik persamaan dengan jelas, akurat, dan cepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...