Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Pengaruh Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Kesantunan Berbahasa Pada Siswa di Sekolah Dasar

Nur Hidayah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Minsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

TikTok merupakan sebuah platform yang memberikan efek yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh aplikasi TikTok terhadap perkembangan kessantunan berbahasa pada siswa di SD IT Muhammadiyah Al-Kautsar. Jenis penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan sample random sampling yang mengambil sampel dari seluruh populasi sebanyak 87 responden. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner tertulis dan wawancara. Keabsahan dan keandalan instrumen diukur melalui validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif dan tes prasyarat seperti uji normalitas, homogenitas, linieritas, serta uji hipotesis dalam bentuk uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh aplikasi TikTok terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas III di SD IT Muhammadiyah Al Kautsar. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti diterima berdasarkan hasil uji independent test yang menunjukkan nilai 6,126, melebihi nilai t-tabel sebesar 1,973. Hal ini menegaskan adanya pengaruh aplikasi TikTok terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas III di SD IT Muhammadiyah Al Kautsar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...