Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

ChatGPT Kecerdasan Buatan untuk Inovasi UKM: Tinjauan Sistematis Literatur dan Analisis Bibliometrik

Fahrur Rozi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rian Andrian (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan kecerdasan buatan berbasis ChatGPT dalam pengembangan UMKM di berbagai negara dan sektor. Penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik dan Tinjauan Literatur Sistematik (TLS), melibatkan 47 artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2024 sebagai sumber data. Studi ini menghasilkan beberapa temuan: (1) tren dan pola dalam publikasi artikel yang mengkaji penggunaan ChatGPT untuk pengembangan UMKM; (2) distribusi dan karakteristik negara serta sektor UMKM yang memanfaatkan ChatGPT; (3) manfaat, tantangan, dan faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan ChatGPT untuk pengembangan UMKM; dan (4) hubungan antara kesiapan digital dan pemanfaatan ChatGPT untuk pengembangan UMKM. Artikel ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam dan komprehensif tentang pemanfaatan kecerdasan buatan berbasis ChatGPT untuk pengembangan UMKM, memberikan rekomendasi dan saran bagi peneliti dan praktisi yang tertarik pada topik ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...