Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji

Mahmud Yusuf Zulfikar (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hafidz (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Syarifah Azzahro (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Tujuan pendidikan nasional adalah untuk menciptakan generasi manusia yang beriman dan bertaqwa. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memperkenalkan Al-Qur''an kepada anak-anak melalui program Tahfidz Qur’an. Rumah Tahfidz merupakan tempat dimana anak-anak usia dini hingga sekolah dasar melaksanakan program tahfidz di desa Beji kecamatan Tulung kabupaten Klaten. Penerapan metode talaqqi dalam program tahfidz ini diharap dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan faktor penghambat serta faktor pendukung dalam menggunakan metode talaqqi pada program tahfidz di rumah tahfidz desa Beji. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung bagaimana program tahfidz dijalankan di rumah tahfidz Bejii menggunakan metode talaqqi. Berbagai proses pengumpulan data termasuk wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik triangulasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data dengan membandingkannya dengan sumber eksternal. Setelah uji coba, data kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah analisis yang sesuai: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an anak usia dini hingga sekolah dasar.Efektivitas pengajaran, metode talaqqi terbukti efektif dalam mengajarkan anak-anak usia dini untuk menghafal Al-Qur’an. Bimbingan langsung dari guru atau pembimbing membantu mereka memahami dan menginternalisasi ayat-ayat dengan baik. Pengembangan keterampilan lisan, melalui pengajaran lisan yang intensif, metode talaqqi membantu anak-anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan lisan mereka, termasuk pengucapan dan tajwid yang benar. Pemberian pendidikan yang holistik, metode talaqqi tidak hanya fokus pada aspek menghafal saja, tetapi juga mencakup pemahaman terhadap makna ayat-ayat Al-Qur’an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...