Pendidikan Agama Islam di SMPN 24 Surakarta merupakan upaya yang di lakukan dengan direncanakan dan disengaja dalam mempersiapkan siswa agar dapat memahami, mengimani dan mengamalkan ajaran agama islam sehingga dapat membentuk akhlak mulia pada diri siswa. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui Pendidikan Agama Islam terhadap siswa, pembentukan akhlak siswa melalui Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor penghambat serta pendukung didalam pembentukan akhlak pada siswa SMPN 24 Surakarta. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian dapat ditunjukkan bahwa pembentukan akhlak siswa SMPN 24 Surakarta belum maksimal dikarenakan masih adanya beberapa kendala yaitu adanya pengaruh dari lingkungan luar, seperti pengaruh lingkungan sosial, lingkungan keluarga dan metode pembelajaran yang terlalu serius mengakibatkan beberapa siswa ada yang cepat merasa jenuh dan menjadi kurang faham. Faktor pendukung saat proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam yaitu melalui ketersediaan sarana dan prasarana yang telah memadai yaitu, seperti tersedianya buku yang memadai, perpustakaan dan mushola yang disediakan oleh sekolah.
Copyrights © 2024