Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK) pada era digital. Supervisi pendidikan di SMK merupakan kegiatan penting yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi guru dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia. Dalam konteks perkembangan teknologi yang pesat, supervisi pendidikan harus beradaptasi dengan teknologi terkini untuk mengoptimalkan hasilnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan, yang melibatkan analisis literatur terkait supervisi pendidikan dan teknologi digital. Hasil analisis data menunjukkan bahwa supervisi pendidikan memiliki dampak signifikan terhadap mutu pendidikan, khususnya dalam konteks SMK. Penelitian ini menguraikan pengertian supervisi pembelajaran, peran kunci supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, tantangan penerapan supervisi di era digital, serta strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan supervisi pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dapat meningkatkan mutu pembelajaran secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kompetensi supervisor dan guru dalam memanfaatkan teknologi digital, serta pengembangan kebijakan yang mendukung implementasi supervisi yang efektif di era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024