Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Analisis Konsep Nasionalisme dalam Pemikiran Johannes Leimena: Perspektif Sejarah dan Politik

Fricean Tutuarima (Universitas Pattimura)
Fatimah Sialana (Universitas Pattimura)
Rovi Muskitta (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis konsep nasionalisme Johannes Leimena, dengan fokus pada bagaimanan pemikirannya relavan bagi generasi muda di Maluku. Melalui studi kepustakaan pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa Nasionalisme Johannes Leimena bersumber pada keadilan yang sama diperjuangkan bangsa-bangsa. Keberagaman budaya dan agama di Indonesia bukanlah penghalang untuk mencapai persatuan nasional. Sebaliknya, ia melihat keberagaman sebagai kekayaan yang dapat memperkuat dan memperkaya bangsa. Melalui pemikiran nasionalisme Johannes Leimena mencerminkan nilai-nilai yang tak ternilai dan relevan bagi pembentukan identitas bangsa Indonesia. Keberpihakannya terhadap Indonesia telah menciptakan jejak inspiratif, memberikan kontribusi nyata terhadap semangat kebangsaan. Terlebih, generasi muda memiliki kesempatan untuk mengadopsi sikap dan nilai-nilai tersebut, menggambarkan suatu kesinambungan antar generasi dalam mewujudkan rasa cinta tanah air. Pemikiran Johannes Leimena tentang nasionalisme dapat diperkuat melalui jejaring edukatif dengan langkah memperkenalkan atau mempromosikan ide atau pemikiran, karya, dan dedikasi Johannes Leimena melalui diskusi terbuka. Diperlukan peran pemerintah khususnya di Maluku agar dapat turut serta dalam menginisiasi forum-forum diskusi publik, seminar, dan konferensi yang memfasilitasi pertukaran gagasan nasionalisme Leimena.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...