Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Al-Islam Kartasura

Nevrika Amanda (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Triono Ali Mustofa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Kompetensi yang dimiliki guru dalam mengajar di dalam kelas masih sangat rendah. Guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran tidak dipersiapkan dengan baik. Tujuan supervisi dalam pendidikan adalah untuk meningkatkan kesadaran guru dalam tatanan kerja. Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah teknik suatu pelatihan, pengawasan terhadap guru yang dilaksanakan kepala sekolah yang memiliki tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi guru, profesionalitas guru dan mengetahui prinsip pembelajaran yang mendidik sesuai pembelajaran, terampil dalam melaksanakan strategi pembelajaran, metode pembelajaran yang sudah di rencanakan. Penelitian dilakukan ini berdasarkan fenomena yang banyak terjadi di lapangan berkaitan dengan peningkatan kompetensi seorang guru melalui supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi supervisi akademik guru oleh kepala sekolah, yang meliputi pengembangan supervisi akademik guru, pelaksanaan supervsisi akademik guru dan tindak lanjut dilaksanakannya supervisi akademik di SMP Al-Islam Kartasura. Jenis pelelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pelaksanaan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pegumpulan data, melalui observasi dengan langsung terjun ke lapangan, mencari informasi dengan wawancara serta studi dokumentasi sebagai bahan untuk melakukan analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah telah efektif dalam meningkatkan kemampuan mengajar, profesionalisme, dan mengelola pembelajaran oleh guru, sehingga tercapai peningkatan kompetensi guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...