Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Usia Madrasah Ibtidaiyah

Nashiroh Dini Amaliya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nirwana Anas (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu(Quasi-Experimental) dengan pretest posttest non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV salah satu Madrasah Ibtidaiyah Negri di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling sehingga dipilih kelas IVD sebagai kelas Eksperimen dengan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) pembelajaran menggunakan metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan metode eksperimen dan metode konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...