Indonesian Journal of Islamic Educational Review
Vol. 1 No. 2 (2024): June 2024

Implementasi Problem Based Learning dengan Makna Kerukunan Umat Beragama Sebagai Modal Ukhuwah Wathoniyah di Kalangan Mahasiswa Agama Islam MKU UPN “Veteran” Jawa Timur

Gilang Ramadhan (Unknown)
Alawi, A. Muammar (Unknown)
M. Habibur Rochman (Unknown)
Rachmad Fadillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggali penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran memaknai kerukunan antar umat beragama sebagai modal ukhuwah wathoniyah, dengan mengintegrasikan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah umum Agama Islam di UPN “Veteran” Jawa Timur. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan motivasi belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan kontekstual. Proses pembelajaran melalui PBL meliputi lima langkah: orientasi pada masalah, pengorganisasian pembelajaran, bimbingan penyelidikan, pengembangan dan presentasi karya, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Siswa mampu mengidentifikasi permasalahan nyata, mengembangkan alternatif solusi, dan mempresentasikan temuannya secara mendalam. Pengintegrasian kemampuan berpikir kritis dalam PBL membantu siswa untuk berpikir reflektif, produktif, dan evaluatif dalam menyelesaikan permasalahan sosial terkait kerukunan antar umat beragama. Dengan demikian, PBL terbukti merupakan metode pembelajaran yang efektif dalam mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis dan makna kerukunan antar umat beragama, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan ukhuwah wathoniyah di kalangan siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kerjasama antara lembaga pendidikan dengan masyarakat lokal dan tokoh agama, serta peningkatan dukungan fasilitas dan waktu untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pemecahan masalah guna meningkatkan efektivitas model PBL dalam memaknai kerukunan antar umat beragama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijier

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational Review is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and ...