Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 14 No 2 (2022): Volume 14 Nomor 2 Desember 2022

Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Terhadap Pembentukan Kesopanan Peserta Didik

suriyati, Suriyati (Unknown)
Sulfiana (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Muh. Judrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Terhadap Pembentukan Kesopanan Peserta Didik Di UPT SMA Negeri 4 Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 167 orang IPA dan IPS. Sampel yang digunakan sebanyak 42 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan program SPSS V.26. Hasil analisis regresi linear sederahana yang telah dilakukan melalui program SPSS V.26, diperoleh hasil bahwa dari 42 responden, pada tabel nilai Fhitung sebesar 33.832 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Berpengaruh Terhadap Pembentukan Kesopanan Peserta Didik Di UPT SMA Negeri 4 Sinjai, dapat dilihat pada tabel Model Summary dengan melihat R Square sebesar 0,458 atau 45,8%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...