Journal of Law, Administration, and Social Science
Vol 4 No 4 (2024)

Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Bagi Siswa Jurusan Bisnis Daring & Pemasaran di SMK Negeri 3 Palembang

Jessa Fadiah Dinita (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Kris Setyaningsih (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Rabial Kanada (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Pelaksanaan praktik kerja industri (PKL) merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan vokasi yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pelaksanaan praktik kerja industri (PKL) bagi siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kurikulum dan pelaksanaan praktik kerja industri (PKL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik kerja industri (PKL) di SMK Negeri 3 Palembang telah memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan siswa untuk dunia kerja. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri, penempatan siswa yang belum optimal, dan kurangnya dukungan dari pihak industri. Studi ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan lebih lanjut dalam implementasi praktik kerja industri (PKL) di SMK serta memperkuat keterhubungan antara pendidikan dan dunia industri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jolas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Administration, and Social Science merupakan media penyebarluasan hasil penelitian di rumpun ilmu sosial, ilmu politik, dan humaniora. Sub rumpun Ilmu sosial terdiri dari bidang Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Periklanan, Televisi dan Film, Manajemen Komunikasi dan ...